Program

Napak Tilas: Tim 19 Mengenang Masuknya Injil

Pada tanggal 26 Juli 2016 sesuai dengan hasil keputusan Rapat Jemaat tahun 2016, bahwa dalam rangka perayaan HUT Jemaat yang ke-90, Majelis jemaat dan jemaat mengadakan perjalanan menuju Desa Bahu untuk pembuatan Prasasti Pembaptisan pertama sekaligus berdirinya Jemaat Mawarsaron Gonohop.

Perjalanan ini diikuti oleh 19 orang, yang masing-masing diikuti oleh 17 orang jemaat Mawarsaron yaitu Dkn. Baren Lapisanyo, Martinus Sepaknyo (Kepala Desa), Pnt. Marten Sepaknyo, Selpianus Polaku, Firat Hataa, Armi Tikat, Bertolomius Polaku, Urias Pinaling, Boby Pasla Papong, Alex Hataa,Yolianus Pamase, Yanes Pepa, Dikson Botak, Misriani Polaku, Gratceila Hataa, Nofarita Polaku. Pada kesempatan ini juga turut hadir seorang mahasiswa PPL dari STT Jakarta, Ferdinand Ricardo Hutabarat. Selain memimpin ibadah singkat di puncak gunung, kehadirannya turut membawa suasana ramai bagi rekan-rekan yang lain.

Ada seorang jemaat Lanang yang menjadi penunjuk jalan, yaitu Bpk. Lebus. Sepanjang perjalanan Bpk. Lebus tidak berhenti bicara. Hal itu juga membuat perjalanan tidak terasa jauh. Lalu kemunculan Bpk. Gihen di atas puncak gunung sempat membuat tim berhenti mempersiapkan pendirian prasasti. Alasannya, adik dari Bpk. Lebus ini tidak tahu akan rencana pendirian prasasti tersebut. Ia menyangka rombongan yang datang adalah orang luar yang ingin menguasai lahan Bahu. Setelah penjelasan dari Bpk. Marten Sepaknyo, Bpk. Baren Lapisanyo, serta rekan lainnya, Bpk Gihen pun bisa menerima kedatangan dan maksud Tim 19. 

napak tilas bahu

Perjalanan ke Bahu sangat menantang dan menyenangkan. Selain karena menuruni lembah dan mendaki gunung, ada juga anggota tim yang mengaku kelelahan, tidak mau melanjutkan perjalanan, bahkan ingin pulang saja. Namun dengan semangat yang terus membara, mengingat semangat misionaris yang dulu lebih berkobar, diiringi dengan canda-tawa, dan berbagai hal yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata, kami pun tiba di lokasi pembuatan prasasti dengan keadaan selamat.

8 Comments

  1. FERIATNO POLAKU

    Luar biasa apa yg tlh dibuat ini,,kirax smngt tim 19 dan dukungan kel bsr jemaat GKLB Mawar Saron dlm pembuatan Prasasti Pembabtisan Pertama yg sxgus menandakan awal berdirix Jemaat Mawar Saron tsb, akn mnjd kesaksian & kemuliaan nama TUHAN, bhkn lbh dr itu pula smkn menumbuhkan serta memperkuat keberimanan kt kpd-NYA…
    Majulah GKLB Mawar Saron,
    Jayalah Desa Gonohop tercinta!!!

    • gklbmawarsaron

      Amin……Trimakasih atas semangat dan dukungan doanya, biarlah ini akan senantiasa menjadi motivasi bagi kita yang ada di generasi saat ini,
      Tuhan memberkati

  2. Rudy Harold

    Semoga sdh ada yg menuliskan sejarah jemaat Mawar Sharon. Supaya menjadi cerita yg dapat diwariskan pada generasi selanjutnya…

    • gklbmawarsaron

      Pak Rudy Harold ada rekomendasi penulis yang bisa menolong kita menuliskan sejarah Mawar Saron?

  3. Gabriel

    terima kasih untuk tokoh2 yang sudah membuka kembali sejarah Jemaat MS Gonohop dan ini merupakan loncatan penting untuk mengingat kembali sejarah MS. bangga menjadi bagian dari jemaat MS Gonohop itu yang bisa aku sampaikan. jika para pendahulu dengan semangat persatuan mampu membangun jemaat dan dapat memjadi pengaruh bagi berdirinya jemaat sekitar dengan Memberitakan Injil Kristus maka ini harus menjadi motivasi jemaat saat ini untuk menjadi terang bukan terang yang dibatasi oleh 4 tembok tetapi terang yang dapat menerangi keluar. jika tahun 1926 Injil sampai dan didengarkan oleh orang2 ditempat terpencil di Bahu maka Injil yang sama harus didengar oleh orang2 yang disekitar kita.

    • gklbmawarsaron

      Benar. Kita akan tetap menghargai para pendahulu kita, baik para misionaris maupun founding fathers yang lain. Tetap doakan dan mari kita menjadi jawaban doa; apa saja yang bisa kita berikan untuk memberikan pertumbuhan di jemaat kita, kita patut memberikannya dengan penuh kegembiraan dan syukur..

  4. Rudy Harold

    Kalau boleh beri saran, minta kesediaan saudara Sepele Sunia. Sebagai lulusan S1 Pendidikan Sejarah tentu, dia lebih memahami bagaimana penulisan sejarah (historiografi) yang dapat dipertanggungjawabkan keilmiahannya.

    • gklbmawarsaron

      Iyaaa sebenarnya bisa pak, hanya saudara Sepele sekarang tak lagi berada di Gonohop, tapi nanti kami coba bicarakan.
      trimakasih pak untuk sarannya, kami membtuhkan saran-saran seperti ini untuk kemajuan Jemaat ini….

Leave a Reply

Theme by Anders Norén