14 November 2016 adalah hari yang sangat dinanti-natikan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Banggai karena hari itu adalah hari Pemilihan Kepala Desa serentak, tak terkecuali Desa Gonohop.

Desa Gonohop adalah salah satu desa yang ada di Simpang Raya yang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa serentak. Dan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa, tahapan demi tahapan telah dilaksanakan, diantaranya  penetapan Calon Kepala Desa, Penetapan Nomor Urut Calon Kepala Desa juga Penetapan DPS dan DPT, pemaparan Visi dan Misi Kepala Desa hingga Kampanye yang dilakukan oleh Calon Kepala Desa.

Pada saat pemaparan Visi dan Misi, semua masyarakat begitu antusias untuk menghadiri dan mendengarkan para calon menyampaikan Visi dan Misi mereka. Dari orang tua hingga anak-anak memenuhi ruangan Balai Desa bahkan masyarakat lainnya dengan setia duduk rapi dibagian luar Balai Desa. Harapan yang mendalam akan lahirnya seorang pemimpin yang didambakan begitu terlihat diwajah masyarakat hingga mereka tidak memperhitungkan waktu untuk bersabar menyelesaikan kegiatan saat itu.

Kegiatan tersebut diawali dengan pernyataan “ Deklarasi Damai” dari semua calon yang membuat masyarakat merasa lega. Salah satu pernyataannya adalah “ Siap menerima dan mendukung siapapun yang terpilih menjadi Kepala Desa”. Deklarasi itu mereka akhiri dengan menyanyikan bersama lagu “Desaku Yang Kucinta”.

” Kegiatan Pilkades ini harus kita dukung bersama, kita bekerja sama untuk mencapai 2 sukses, yaitu sukses pelaksanaan dan sukses hasil”, itulah ungkapan Bapak Selpianus Polaku selaku PLT Desa Gonohop.

Dan pada tanggal 10 November 2016, oleh kesepakatan kelima calon Kepala Desa yang difasilitasi oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa, mereka menyelenggrakan Kampanye Damai. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pawai bersama yang dimulai dari rumah sekretariat kemudian arah Bombon dan berbalik ke arah Tombongan hingga perbatasan Desa. Kegiatan ini dikawal langsung oleh Pihak Kepolisian yang diikuti oleh para pendukung dari setiap calon.

Rasa persatuan dan persaudaraan diantara para calon begitu terlihat. Dengan berdiri diatas mobil yang telah disiapkan oleh Panitia, senyuman demi senyuman mereka tebarkan ketika melewati kumpulan masyarakat yang telah menanti didepan rumah untuk menyaksikan dan memberikan dukungan bagi setiap jagoan mereka.

Dan yang membuat terkesan, ketika dalam perjalanan pawai, secara serentak kelima calon menyanyikan lagu “ Alangkah Bahagianya Hidup Rukun Dan Damai”. Syair demi syair mereka nyanyikan dengan penuh pengahayatan hingga membuat penulis pun merasa terharu dengan kesehatian dari semua calon. Ini menggambarkan mereka pun menyadari bahwa perbedaan itu tidak akan membuat mereka tercerai berai, tetapi Hidup Rukun dan Damai itulah yang tetap menjadi harapan mereka.

Kegiatan sore itu diakhiri dengan Penggembalaan bagi para Calon Kepala Desa di Gereja Mawar Saron Gonohop . Dan oleh Panitia Kepala Desa, berharap agar melalui kegiatan ini, para Calon dibekali terlebih dahulu tentang kepemimpinan lewat kebenaran Firman Tuhan, sehingga ketika siapapun yang terpilih, dapat menjalankan tugas dengan selalu mengandalkan Tuhan.

Diakhir penggembalaan, Bapak Alexander Robert Sitaniapessy menekankan bahwa “ Seorang pemimpin itu adalah seorang hamba”.

Hal yang patut disyukuri bahwa kelima calon Kepala Desa begitu memegang teguh Kasih persaudaraan diantara mereka sehingga meski berbeda tetapi mereka tetap satu dalam tujuan yaitu untuk membangun Desa Gonohop terlebih umat Tuhan yang ada di jemaat-jemaat Desa Gonohop, itu tercantum dari setiap Visi dan Misi para Calon Kepala Desa.

Inilah para Calon Kepala Desa dengan Nomor urut masing-masing :

Nomor Urut       1. ABSALOM BATTU, S.Si

Nomor Urut       2. YOEL SUNIA

Nomor Urut       3. MELKIOR TIAK

Nomor Urut       4. MARTINUS SEPAKNYO

Nomor Urut       5. ALEX HATAA

Untuk itu bagi kita semua, mari kita mendukung bersama dalam doa untuk kesuksesan kegiatan Pemilihan Kepala Desa Gonohop Tahun 2016, sehingga apa yang kita harapkan bersama itu dapat terwujud oleh pertolongan Tuhan.